Penguins

Jumat, 16 November 2012

Asal mula bahasa C++

[Pemrograman] Asal mula bahasa C++

Pada awalnya komputer digunakan hanya untuk membantu dalam proses perhitungan telemetri, dan bahasa yang digunakan masih sangat primitif karena hanya mengenal angka 1 dan 0 atau kita kenal dengan bahasa Assembly, bahasa ini masih tergolong bahasa tingkat rendah (low level languange).
Pada tahun 1969, laboratorium Bell AT&T di Murray Hill, New Jersey menggunakan bahasa Assembly ini untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. Yang simaksudkan untuk membuat sistem operasi yang bersifat 'programmer friendly'.
Setelah UNIX berjalan, Ken Thompson seorang pengembang sistem laboratorium tersebut mengembangkan bahasa baru dengan nama bahasa B. Huruf B ini diambil dari BCPL. Dengan bahasa B ini kemudian digunakan untuk menulis ulang sistem operasi UNIX. Tapi karena bahasa B ini bersifat interpret dan lambat, maka pada tahun 1971, sistem operasi UNIX kemudian ditulis ulang dengan menggunkan bahasa C, yaitu bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Denis Ritchie ( sekarang beliau sudah meninggal ), seorang pengembang sistem di laboratorium yang sama.
Sampai sekarang bahasa C masih digunakan untuk melakukan pengambangan-pengambangan program dan sistem-sistem operasi, namu sayangnya bahasa C merupakan bahasa yang masih tergolong susah karena masih bersifat prosedural murni. untuk membuat objek kita harus melakukan banyak penulisan kode. Dan dapat dikatakan inilah yang menjadi kelemahan bahasa C. Oleh karena itu pada tahun 1983 Bjarne Stroustrup yang bekerja di lab yang sama menciptakan bahasa baru yaitu bahasa C++ yang merupakan bahasa hybrid dari bahasa C. Keistimewaan dari bahasa C++ ini adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman berarah objek atau sering di kenal dengan OOP (Object Oriented Programming).

Sumber ; http://indrateknik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar