Penguins

Senin, 24 September 2012

Program Hello World


PROGRAM HELLO WORLD

            Salah satu tradisi yang bisa digunakan dalam buku-buku pemrograman adalah program “hello world” yang biasnya digunakan untuk menunjukkan bahwa bahasa pemrograman tersebut dapat menampilkan aplikasi sederhana seperti menampilkan tulisan Hello World.
            Pada Visual Basic, anada juga masih dapat membuat aplikasi Hello World tersebut dengan sangat mudah. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
1.                  Buka aplikasi Visual Basic dan buat proyek baru.
2.                  Kemudian klik objek yang akan dipilih, kemudian klik maouse, tahan dan letakkan objek pada form pada posisi yang diinginkan, dan lepaskan klik maouse. Pada contoh ini kita akan menggunakan objek kontrol Textbox dan CommandButton.


3.                  Sehingga tampilannya akan terlihat seperti berikut ini:

4.                  Kemudian pada jendela Properties, ubah properti pada masing-masing objek kontrol sebagai berikut:
5.                  Klik ganda pada tombol OK, kemudian masukkan kode program berikut ini, kode keseluruhan terlihat seperti berikut:

Maksud dari kode program di atas, adalah mengubah properti Text pada Toxtbox menjadi kata Hello World ketika user mengklik tombo OK pada saat program dijalankan. Atau dengan kata lain menugaskan semua yang ada di antara tanda kutip ke dalam properti Text dari objek Text1
6.                  Untuk mengatur posisi form saat program dijalankan maka anda bisa mengatur posisinya pada jendela Form Layout. Secara default, ketika program dijalankan, maka form akan berada pada sisi sebelah kiri atas..
7.                  Klik tombol F5 untuk menjalankan aplikasi, sehingga akan tampil seperti gambar dibawah. Klik tonbol OK maka pada objekText1 akan muncul kata “Hello World”.
8.                  Untuk menyimpan aplikasi ini, pilih menu Save, maka anda akan diminta memasukkan nama file dengan ekstensi. Frm (ini untuk menyimpan form yang sudah anda buat). Sedangkan file proyek akan disimpan dengan ekstensi. Vbp (untuk menyimpan file proyek).
9.                  Visual Basic menyimpan file form dan proyek secarah terpisah . hal ini berguna, ketika  anda membuat proyek baru kemudian dapat menggunakan form yang sudah anda buat, artinya anda bisa me-load form dari proyek lain sehingga akan lebih memudahkan tanpa harus membuat dari awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar